photo ppcopy-1.png

Tuesday, March 30, 2010

Jangan Gelisah!

Hari minggu kemarin (28/03/10), saya bersama teteh saya pergi ke Gasibu. Ada alasan dari masing-masing pihak untuk kesana. Saya ingin mengambil buku yang saya pesan di penjual buku di Gasibu, dan teteh saya ingin membeli lingerie, istilah kerennya pakaian dalam,maaf.... Berangkat dari kos uda jam 10.30 pagi... uda lumayan siang buat pergi ke Gasibu. Tapi keinginan kuat kita, membuat kita tetep berangkat walaupun sudah siang!
Akhirnya berangkatlah kita berdua... Di angkot jurusan Caheum - Ledeng, sambil ngantuk-ngantuk, kita tetep konsen buat bayar angkot. Akhirnya sampai dan kita langsung menuju ke bapak penjual buku. Sempat nawarin ke teteh buat beli lingerie  dulu, tapi dia bilang ngambil buku dulu...
Oh ya, jadi dua minggu sebelumnya, saya sudah pergi ke bapak penjual itu untuk beli buku yang saya pengen. Tapi berhubung ga ada, akhirnya saya pesan dulu. Dan baru kemarin diambil.
Sampai di tempat jualan buku nya si bapak,di depan kantor Telkom, ternyata bukunya ketinggalan di rumah, kata bapaknya. Tapi anaknya akan mengambilkan. Akhirnya saya menunggu di depan lapaknya yang berupa sebuah mobil tipe Cherry  tua. Di dalamnya banyak sekali buku. Wow! Jadi pengen punya mobil yang penuh buku juga...
Sambil menunggu, saya dan teteh, yang belum sarapan dan sangat lapar, mencoba mencari camilan kelas berat. Dan akhirnya menemukan Getuk. Beli deh, dan kita makan di depan ATM, depan kantor Telkom, sambil ngobrol dan yah..sedikit narsis alias foto-foto.
Back to the story... setelah menunggu, akhirnya bukunya beserta anaknya, eh kebalik yah...anaknya beserta bukunya dateng. Alhamdullilah, akhirnya punya juga buku itu. Bapak penjual buku menyerahkan bukunya ke saya. "Makasih, Pak!". "Iya, maaf nunggu yah neng..", balas bapak itu. Blah, blah, blah, lupa orangnya ngomong apa habis itu. Pokoknya akhirnya dia bilang, "Selamat ya neng, uda jadi wanita muslimah...". Saya dan teteh cuma bengong. Haaahh...!! Mungkin orangnya sadar kalau kita bingung, akhirnya dia melanjutkan lagi ucapannya. " Iya selamat. Nanti insya Allah dapat suami yang gagah dan soleha. Allah menjanjikan itu. Allah menjanjikan wanita yang soleha untuk laki-laki yang soleha, begitu juga sebaliknya. Jadi tidak usah gelisah tentang masalah jodoh. Ingat kisah Nabi Zakaria?", tanya bapaknya. Kita berdua menggelengkan kepala.
" Nabi Zakaria sempat gelisah karena beliau belum mendapatkan keturunan hingga usia beliau dan istrinya sudah tua. sekitar umur 81 tahun. Apalagi istrinya mandul. Beliau gelisah memikirkan ilmu yang beliau miliki akan diturunkan kepada siapa jika tidak kepada anaknya. Lalu Allah mengingatkan Nabi Zakaria agar tidak perlu gelisah, apalagi beliau adalah nabi Allah. Lalu Allah menjanjikan akan memberikan keturunan. Sebagai tandanya, Allah membuat Nabi Zakaria tidak bisa bercakap-cakap selama 3 hari. Akhirnya istri beliau hamil dan akhirnya mereka punya anak yang bernama?", bapaknya bertanya pada kami. Lagi-lagi kita jadi speechless . Begooo!!! " Yahya. anak yang siap menerima ilmu dari ayahnya", bapaknya menjelaskan... Kita berdua hanya bisa ber-Ohhh ria...
"Jadi kalian tidak perlu gelisah memikirkan masalah jodoh. Karena Allah sudah menjanjikan." Deg, kita berdua langsung bertatapan... Akhirnya kita berpamitan dan tak lupa mengucapkan terima kasih...dengan hati yang masih terpana.

Kenapa? Jadi, beberapa malam sebelumnya, saya dan teteh, ngobrol tentang masalah jodoh. Saya merasa bahwa kita berdua terlalu menutup hati. Bawaannya ntar aja cari cowok kalo udah kuliah. Pas udah kuliah, ntar aja kalo uda kerja...dan sepertinya bakal seperti itu seterusnya. Ntar aja, ntar aja... Takutnya nih, malah jadi perawan tua, ahahahaa...ughh, pikirannya udah kesana! Tapi mau gak mau pikiran itu merayap di hati dan pikiran... Gimana dong teh..masak harus maksain suka ama cowok...padahal belum ada yang menarik di hati, atau... lebih tepatnya kita yang menutup hati... Kita terdiam. Susah juga kalau sudah menyangkut hati...
Fyuh,... tapi setidaknya dapat angin segar dari ucapannya si Bapak penjual buku itu...

Dan saya juga teringat ketika saat saya memesan buku itu, saya juga mendapat petuah yang bagus sekali...

"Ilmu akan muncul jika hati bersih. Jika hati bersih, kata-kata berilmu akan keluar dari bibir tanpa kita sadari"
Nice quote...

No comments:

Post a Comment