photo ppcopy-1.png

Saturday, October 1, 2011

Dorama : Taisetsu Na Koto Wa Subete Kimi Ga Oshiete Kureta (2011)


    Title: 大切なことはすべて君が教えてくれた
    Title (English): I Learned All the Important Things from You
    Genre: Romance, school
    Episodes: 10
    Viewership rating: 11.4 (Kanto)
    Broadcast network: Fuji TV
    Broadcast period: 2011-Jan-17 to 2011-Mar-28
    Air time: Monday 21:00
    Theme song (ending): EXIT by Porno Graffitti

    Cast:      Miura Haruma as Kashiwagi Shuji
                  Toda Erika as Uemura Natsumi
                  Takei Emi as Saeki Hikari


Skor : 8/10
Judulnya emang panjang, susah diingat, tapi maknanya, ehem..ehm...ngena. Dorama ini dibintangi, aktor Jepang nomor 1 di list ku, Haruma Miura, dan agak berat jalan ceritanya, tapi gak panjang-panjang kayak judul dorama ini. Taisetsu Na Koto Wa Subete Kimi Ga Oshiete Kureta bercerita tentang dua orang guru muda di SMA Meiryo, Natsumi Uemura (Erika Toda, pemeran Misa Amane di Death Note) dan Shuji Kashiwagi (Haruma Miura), yang sudah bertunangan dan sedang mempersiapkan pernikahan mereka. Natsumi mengajar pelajaran Bahasa Inggris di kelas 1, sedangkan Shuji mengajar Biologi di kelas 2. Mereka berdua merupakan guru teladan dan populer di sekolah. Natsumi dikenal sebagai guru yang bright dan selalu positif. Dia juga pembimbing klub basket. Shuji sebagai guru yang tampan dan baik, banyak yang meneladaninya. Dia juga beberapa kali membantu mengatasi masalah murid-muridnya.

Namun perjalanan menuju pernikahan ternyata menemui banyak hambatan. Pada pagi hari pertama tahun ajaran baru, ketika terbangun dari tidurnya, Shuji kaget, karena dia mendapati seorang wanita tanpa pakaian, sedang tidur di kasurnya. Shuji lupa apa yang terjadi semalam. Ia tidak bisa mengingat kejadian malam sebelumnya. Karena terburu-buru berangkat ke sekolah, akhirnya Shuji hanya menitipkan kunci apartemennya kepada wanita itu, dan memintanya meletakkan di kotak surat.

Sampai di kelas, saat setelah mengabsen muridnya, ternyata ada 2 siswi yang tidak masuk. Namun sebelum kelas dibubarkan untuk mengikuti upacara tahun ajaran baru, ternyata salah seorang siswi yang absen tadi datang. Ia adalah Hikari Saeki (Emi Taeki). Ketika Shuji semua murid menuju tempat upacara, tersisalah Shuji dan Saeki. Dan Saeki menunjukkan kunci apartemen milik Shuji. Ternyata wanita tadi adalah Saeki! 'o'-- Shuji shock! Love triangle is starting!

Berkat Saeki, rencana pernikahan Shuji dan Natsumi berantakan dan diambang batal. Shuji terkena skandal dengan Saeki, dan itu menghancurkan kariernya sebagai seorang guru, karena kasus berhubungan seks dengan muridnya sendiri. Belum lagi masalah dengan kakaknya.

Shuji tidak mau terlalu terbuka pada Natsumi. Natsumi bingung apa yang sebenarnya terjadi. Apakah memang dengan mudahnya Shuji tidur dengan orang lain? Natsumi tahu bahwa Shuji bukanlah orang yang seperti itu. Pasti ada sesuatu.

Shuji akhirnya terkena sanksi tidak boleh mengajar selama 6 bulan dan memutuskan hubungannya dengan Natsumi. Shuji lebih memilih membantu Saeki keluar dari masalahnya.

Selama 6 bulan skorsing, tenyata Natsumi hamil anaknya Shuji. Natsumi merahasiakannya dari Shuji, dan memilih menjadi single parent. Walaupun Shuji dan pihak sekolah akhirnya tahu, Natsumi tetap kekeuh pada keinginannya itu.

Jadi ngeri yah... Banyak cerita yang bertema lika-liku perjalanan menuju pernikahan. Ada yang akhirnya menikah, banyak juga yang akhirnya berpisah...Ehmm, tapi dibandingkan dengan tema lika-liku perjalanan munuju pernikahan, Taisetsu Na Koto Wa Subete Kimi Ga Oshiete Kureta lebih mengarah ke tema 'akibat melakukan hubungan seksual sebelum nikah', apalagi dengan orang lain. Tidak hanya kasus Shuji, Natsumi dan Seika saja yang bertema sex before married, namun juga kasus muridnya Shuji yang akhirnya justru menyadarkan Shuji. Murid itu berkata bahwa orang dewasa yang tidak dapat dipercaya dan berbuat salah adalah contoh yang baik, sehingga kelak dia tidak akan melakukan kesalahan yang sama dan menjadi lebih baik.

Pada Taisetsu Na Koto Wa Subete Kimi Ga Oshiete Kureta, karakter Shuji yang diperankan Haruma Miura. Berbeda dengan karakter Miura di film sebelumnya, Shota Kazehaya (Kimi Ni Todoke) yang penuh kesegaran jiwa muda, di Taisetsu Na Koto Wa Subete Kimi Ga Oshiete Kureta, Miura terlihat jauh lebih dewasa dan cocok memerankan sosok guru yang baik. Walaupun sama-sama baik dan dia berusaha keras jadi guru yang baik juga, tapi karakter Shuji sering bikin kesal! Suka gak tegas, butuh dipanasin dulu baru bisa tegas, butuh dibimbing. Pokoknya kalau ada preman yang ngehajar dia, dia pasti langsung tepar. Tapi dia bertanggung jawab sih... Shuji juga bukan orang yang akan mengutarakan sesuatu sebelum dia pasti dan yakin akan keputusannya. Nah, Miura bisa banget membawain karakternya! lagi-lagi aku dibuat terharu, saking bagusnya dengan akting cowok satu ini. Apalagi Miura membawakan dengan apik transformasi kedewasaan Shuji. Erika Toda juga keren banget meranin Natsumi, wanita tegar, dewasa dan baik ini... Ketika Natsumi dilema, ketika dia lemah, ketika dia harus tegar lebih dari yang dia kira, Toda menampilkannya dengan pas. Sedangkan Emi Takei berhasil memenangkan penghargaan lewat perannya di dorama ini :') . Oh, ya Emi Takei akan berperan sebagai Kouru, ceweknya Kenshin dalam Rouroni Kenshin atau Samurai X yang akan dirilis tahun 2012.

Taisetsu Na Koto Wa Subete Kimi Ga Oshiete Kureta merupakan kisah yang menyentuh, tentang pilihan hati, kepercayaan dan takdir, ehem..ehem... Intinya, ceritanya bagus, banyak makna tentang kehidupan terutama bagaimana kita menyikapi kesalahan yang ada dan mempertanggungjawabkannya, banyak kata-kata penyemangat hidup yang kita dapat di dorama ini. Lalu sudut pengambilan gambar dan kualitas gambarnya keren khas jepang, terlihat kayak film dari pada dorama, yang pasti lebih bagus dari pada serial korea. Backsound banyak dihiasi oleh lagu-lagu milik P!nk, seperti Fun House, Stupid Girl dan Mr. President, entah kenapa terasa cocok banget, jadi match dan berasa chemistry nya. Akting pemerannya bagus, tak hanya pemeran utama, pemain lainnya pun juga bagus, plus endingnya yang keren... Setiap menonton satu episode, bikin gak sabar untuk menonton episode berikutnya. Selain lagu-lagu milik P!nk yang mendukung tiap adegan, manga Slam Dunk pun sering menghiasi dorama ini.

Ada beberapa quotes yang bagus. Salah satunya adalah 'berhubungan seks membuat hidup seseorang berubah'... Jadi jauhi free sex!

Awal tertarik nonton dorama ini karena ada Haruma Miura 'o'

2 comments:

  1. tamatnya gimana nih sis???
    hahaha...penasarann

    ReplyDelete
  2. happy ending kok... Shuji dan natsumi akhirnya nikah sesudah natsumi melahirkan :'>, tapi berhubung Shuji udah dapet plakat jelek, jadi dia gak kerja jadi guru lagi :'<

    Ada Haruma Miura, jadi wajib nonton!!

    ReplyDelete