photo ppcopy-1.png

Sunday, September 9, 2012

Smiling at a Stranger

Selama ini entah sudah berapa kali aku tersenyum kepada banyak orang, baik aku kenal maupun tidak. Ya, tersenyum itu ringan, mudah, dan membahagiakan. Aku tidak perlu memperhitungkan berapa pengeluaran yang aku keluarkan untuk tersenyum kepada orang lain. Karena memang tidak ada pengeluaran. Namun dengan tersenyum aku mendapat ketenangan hati. 

Jika kita tersenyum kepada orang yang dikenal, itu sudah biasa, sering dan wajar. Namun kepada orang asing yang tidak kita kenal?

Biasanya jika kita bertemu orang asing, kita hanya mengabaikannya, mengalihkan pandangan. Padahal tersenyum kepada orang asing bisa menjadi obat untuk mengatasi bad mood, perasaan kesal, sedih, kecewa, pokoknya yang bikin bibir monyong cemberut...

Smile at a stranger, bisa mengembalikan mood baik kita, karena kita sedang berbagi kebahagiaan dengan orang lain, sedang membahagiakan orang lain. Cukup sekali tersenyum, saraf-saraf di otak bisa lebih rileks dan aliran darah lebih teratur, pikiran pun jadi lebih jernih.
 
Lebih utama lagi, Smile at a stranger lebih bisa mengembalikan senyum di wajah kita.
 
Apa bedanya dengan senyum dengan orang yang dikenal?
 
Jika kita sedang bad mood, dirundung masalah yang bikin hati panas dan marah, tersenyum dengan orang yang kita kenal akan lebih sulit. Itu karena kita menganggap mereka orang yang tahu, paham dan dekat dengan kita, sehingga kita merasa mereka pasti mengerti bahwa kita sedang marah dan bad mood. Apalagi wajah kita menunjukkan tulisan "Please, let me angry!" atau "Please, I wanna enjoy my mellow time". Jadilah mereka membiarkan kita marah atau bad mood. Jika pun mereka berusaha untuk menghibur kita, yang ada malah kita curhat tentang kekesalan kita.

Berbeda dengan orang asing. Saat kita bertatapan dengan orang asing dan tidak melepas pandangannya, biasanya pasti kita akan saling tersenyum. Sekedar cara untuk saling menghormati dan berbagi keramahan. Jadilah senyuman itu tercipta.

Jika ternyata orang asing itu tidak tersenyum, kita duluanlah yang memulai... Siapa tahu ternyata orang asing tersebut juga sedang mengalami hal yang sama. Jadilah kita membantu orang untuk tersenyum.... Hati pun akan lebih damai...

Just try it!

Find the happiness is simple... just put a smile on your face. :)

No comments:

Post a Comment